Kerjaan yang Enak itu Kayak Gimana?

http://edwardsuhadi.com/2017/01/09/buat-bos-dan-belum-bos-apa-yang-dicari-orang-dalam-sebuah-pekerjaan/

“Udah senen lagi aja nih?”
“I hate monday.”
“Another week, same story.”

As an officer, seringkali saya ngucap begitu, rasanya males banget kerja, benci sama kerjaan sendiri padahal—katanya—itu passion yang selama ini dicari-cari, nyatanya sama aja ga lebih dari sekadar rutinitas ngeselin. Setelah baca tulisan Om Edward, saya lumayan tercerahkan tentang apa sih yang dicari orang dalam sebuah pekerjaan, gimana sih kerjaan yang enak?. Here’s i summarize the keypoints:

1. Kebebasan (Otonomy) Bebas dalam hal berkarya pastinya. Bebas improvisasi ga terus menerus diawasi, yang penting tetep on track. Dikasih ruang, waktu dan paling penting dikasih kepercayaan.

2. Ruang untuk bertumbuh (Growth) Disediakan ruang bertumbuh, dikasih kesempatan eksplor dan belajar hal-hal baru, belajar mecahin masalah, lebih seru ketimbang ngerjain sesuatu yang berulang tiap harinya.

3. Penghargaan (Recognition) Orang sudah barang tentu mau banget dihargai, manusiawi. But, in the case of professional life, ‘recognition comes with cash and bonus’. Rewadnya asik, bonusnya asik, asli dah betah anak buah. 😀

Tulisan ini bukan buat bos-bos aja sebenernya, buat anak buah biar ga terus-terusan benci sama kerjaannya. Saya bukan bos, masih anak buah.

Belom jadi bos belajar aja dulu buat ngasih keypoints itu ke diri sendiri.

Semoga terbiasa membiasakan.

Masih banyak point penting, langsung aja klik link-nya biar pahamnya ga cuma setengah kayak saya.

😀

Leave a comment